Senin, 25 September 2017

Tutorial Cara Setting Access Point TP-LINK WA5210G

TUTORIAL CARA SETTING ACCES POINT TP LINK WA-5210G

 

Langkah Pertama

Setting IP di komputer terlebih dahulu, disini saya menggunakan IP address 192.168.1.100 subnet mask 255.255.255.0 dan Gateway 192.168.1.254 (alamat IP default TP-Link WA5210G).

Buka browser, ketikkan alamat IP address TP-Link WA5210G, karena saya masih menggunakan alamat default maka IP nya adalah 192.168.1.254, jika alamatnya sudah diganti silahkan disesuaikan saja. Setelah itu kita akan masuk pada halaman login, silahkan masukkan username dan password, untuk username default adalah admin sedangkan passwordnya juga admin. Selanjutnya akan masuk pada halaman home, klik Quick Setup seperti pada gambar berikut kemudian klik NEXT.
Pilih AP Client Router kemudian klik NEXT.
Pilih Dinamic IP kemudian klik NEXT.

Selanjutnya isi SSID sesuai keinginan kita, klik NEXT dan Finish tunggu beberapa detik sampai selesai reboot.
Langkah kedua

Masuk ke menu Network - LAN isi IP addres sesuai keinginan asalkan tidak sama dengan IP komputer. Untuk menu WAN pilih dinamic agar nantinya mendapatkan alamat IP otomatis. Klik SAVE.

Langkah ketiga

Selanjutnya pilih menu Wireless - Basic setting, Region isikan Indonesia, Channel bisa otomatis bisa juga manual kemudian ceklist enable high power mode, jgn lupa klik SAVE.

Pilih menu Wireless - Wireless Mode pilih Client.

Selanjutnya dibagian bawah klik SURVEY maka akan tampil AP List seperti dibawah pilih salah satu dan klik connect.

Langkah kelima

Masuk ke menu Wireless - Security setting pilih type keamanan yang sama dengan wireless yg kita tembak tadi, kemudian isi password wireless yg kita tembak, dan jgn lupa klik save agar settingan kita tersimpan. Tunggu beberapa detik dan lihat indikator sinyal di wireless seperti gambar dibawah.
 
           sebelum
 
            
            sesudah
             
NB: Jika sinyal cuma 2 bar dan tidak berubah seperti digambar diatas berarti settingan anda gagal, ulangi lagi sampai sinyal terisi penuh atau paling tidak 4 bar.

Setelah itu ganti IP komputer menjadi Obtain an IP Address automatically agar mendapatkan IP otomatis, selanjutnya tes koneksi ping ke salah satu website jika udah bisa berarti settingan kita berhasil.
SETTING TP LINK WA5210G SEBAGAI PEMANCAR

Sebelum melakukan setting TP-Link WA5210G sebagai pemancar atau istilahnya sebagai hotspot/wifi mudah-mudahan setting sebagai penerima seperti yang saya jabarkan diatas anda sudah paham, kalaupun anda tidak paham cara setting sebagai penerima menurut saya tidak masalah karena jika ingin setting TP link anda sebagai pemancar anda hanya cukup menancapkan ke sumber koneksi (langsung dari modem Speedy atau yang lainnya) selanjutnya tinggal setting wireless anda sebagai sumber wifi.

Untuk setting sebagai pemancar ada sedikit perbedaan pada bagian menu Operation mode/Wireless mode pilih AP (Acces Point ) selanjutnya ikuti cara diatas.
Kemudian pada menu security, jika ingin menggunakan password silahkan pilih type keamanan yang kita inginkan dan jgn lupa isi password, tapi jika ingin tidak memakai password juga silahkan.

Sekian tutorial setting TP-Link WA5210G sebagai Client Router atau penerima dan sebagai pemancar. 

link sumber; http://azkamaja.blogspot.co.id/2015/02/cara-setting-tp-link-wa-5210g-sebagai.html
Share:

9 komentar:

  1. power dan LAN AP nyala tetapi tidak bisa akses login ip nya 192.168.1.254 gimana solusi nya gan, AP sdh direset tetap ga bisa tampil username sm passwordnya. mohon penjelasannya gan

    BalasHapus
  2. Coba downgrade frimwarenya ke versi terendah donlot di situs resminya.
    Perhatikan versi Radio APnya termasuk versi berapa...jangan sampe salah versi nanti bisa matot Radio APnya

    BalasHapus
  3. Mas maaf, ini copy paste 100% artikel saya, mohon untuk dihapus, sekali lagi mohon maaf cuma mau mengingatkan aja

    BalasHapus
  4. Untuk type ini bisa berapa user ya?

    Di hapus? Mendingan ga usah..kan dah dicantumkan link sumbernya

    BalasHapus
  5. Punyaku akses web ndak bisa.. Ada tulisannya forbidden

    BalasHapus
  6. Klu utk setting memperluas jangkauan wifi vocheran gmn ya gan?

    BalasHapus
  7. Saya nembak wifi indihome rumah saya sendiri gk bisa..wan nya gk nongol2..pdhal settingnya seah sesuai pentunjung..keterangan cmn obtaining ip address

    BalasHapus